30 Wisata di Lombok Untuk Habiskan Libur Lebaran 2018

LIFESTYLE– Lombok yang terletak dekat sekali dengan Pulau Bali bisa kamu jadikan alternatif liburan jika kamu bosan dengan hiburan yang ada di Pulau Dewata tersebut.

Ada banyak cara untuk mencapai Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dari Bali. Kamu bisa naik pesawat yang tidak sampai sejam waktu tempuhnya atau naik kapal Ferry dari Pelabuhan Padang Bai (Bali) ke Pelabuhan Lembar (Lombok).

Begitu menginjakkan kaki di Lombok, terdapat beragam obyek wisata yang akan memanjakanmu. Mulai dari wisata pantai hingga pegunungan alias mendaki Gunung Rinjani.

Obyek pariwisata di Lombok sendiri tersebar di beragam wilayah seperti wisata di Lombok Timur, wisata di Lombok Barat, wisata di Lombok Tengah, hingga wisata di Lombok Utara.

Penasaran akan obyek wisata apa saja yang tersebar di Lombok? Ini dia penjelasannya.

Wisata di Lombok Timur

Tanjung Bloam Lombok 2018

1. Tanjung Bloams

Bagi kamu yang bosan dengan wisata pantai yang itu-itu saja, kamu bisa menjejakkan kakimu ke Pantai Tanjung Bloam yang tersembunyi di balik hutan jati dan bukit di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Letaknya yang tersembunyi di balik bebukitan, menjadikan Pantai Tanjung Bloam sebagai area konservasi penyu yang memiliki habitat di sepanjang garis pantai dan area tebing. Selain itu, karena Pantai Tanjung Bloam belum terlalu ramai maka pemandangan yang disuguhkan pun masih natural dengan pasir putih lembut yang khas, air lautnya yang biru jernih, dan suasananya yang relatif tenang. Meski memiliki suasana yang tenang, namun ombak di Pantai Tanjung Bloam cenderung besar sehingga tidak disarankan bagi wisatawan untuk berenang di pantai ini.

2. Tanjung Ringgit

Mengunjungi Pantai Tanjung Ringgit yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur atau sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang berjiwa petualang dan rindu akan pemandangan alam yang mengagumkan. Sebabnya Pantai Tanjung Ringgit memiliki pemadangan serupa Pura Uluwatu namun lebih alami dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan dan jernih. Puas mengeksplorasi area tebing, langkahkan kakimu ke dasar tebing dimana kamu bisa menemukan kolam air tawar. Sungguh sebuah hal yang unik mengingat Tanjung Ringgit adalah area pantai.

Di pantai ini pun tersedia area untuk camping bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan pemandangan sunset atau sun rise di Pantai Tanjung Ringgit.

3. Gili Bagek atau Gili Kondo

Nama Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno mungkin sudah masuk ke dalam jajaran objek wisata yang mainstream. Jika kamu sudah bosan mengunjunginya, kamu bisa mencoba mengeksplorasi Gili Kondo atau yang juga sering disebut Gili Bagek.

Gili Kondo yang terletak di area Lombok Timur ini menyuguhkan pemandangan pulau dengan pantai perawannya yang khas. Bonusnya, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan. Selain itu di Gili Kondo kamu juga bisa memuaskan hobimu untuk melakukan kegiatan snorkeling karena keadaan lautnya yang masih bersih. Meski terbilang baru, kamu tak perlu khawatir sebab di pulau ini sudah tersedia penginapan yang memadai.

4. Lembah Hijau

Lembah Hijau yang terletak di kota Selong, Lombok Timur ini amatlah cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga. Sebabnya Lembah Hijau ini merupakan tempat wisata outdoor yang berisikan aneka pepohonan dan tumbuhan hijau sehingga dinamakan sebagai Lembah Hijau. Apalagi di Lembah Hijau juga terdapat kolam yang berisikan air jernih dan dikelilingi warna-warni tanaman sehingga siapapun yang mengunjunginya akan merasa tenang.

5. Sembalun

Sembalun merupakan nama desa di Lombok Timur yang jadi desa tertinggi sebelum kamu menjejakkan kaki ke Gunung Rinjani. Oleh karena itu Desa Sembalun amatlaf familiar di telinga para pendaki gunung.

Selain menawarkan udara yang sejuk, Desa Sembalun juga memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi beberapa bukit yakni Bukit Anak Dara, Bukit Dandaunan, Bukit Nggi, Bukit Pergasing, dan Bukit Selong. Dan jika berbicara tentang perbukitan, pasti ada air terjun. Desa Sembalun pun memilikinya yakni air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Tidak ada tarif khusus untuk memasuki desa ini. Namun karena tidak ada kendaraan umum yang menuju Sembalun, maka kamu harus menyewa kendaraan pribadi karena jarak tempuhnya dari Mataram lebih dari 100 kilometer.

Setelah menjelajah beberapa objek wisata di area Lombok Timur, tentu tak ada salahnya jika kamu mengunjungi objek wisata di area Lombok Barat

Wisata di Lombok Barat

Kota Tua Ampenan 

6. Kota Ampenan

Kota Ampenan merupakan objek wisata yang terkenal di area Lombok Barat. Kota ini dikenal menyimpan banyak sejarah seperti Kota Tua di Jakarta. Kamu dapat menemui banyak bangunan dengan arsitektur jadul di Kota Ampenan. Bahkan pemerintah setempat menjadikannya sebagai kawasan cagar budaya.

Kota Ampenan atau yang juga disebut sebagai Kota Tua Ampenan ini ramai dikunjungi di pagi atau sore hari dimana para wisatawan pun bisa nongkrong di kafe yang banyak tersebar di Kota Tua Ampenan

7. Bukit Malimbu

Kamu merupakan pecinta sunset atau doyan melihat pemandangan matahari terbenam? Jika ya, kunjungilah Bukit Malimbu yang terletak di Lombok Barat atau tepatnya sejauh 24 kilometer dari Kota Mataram.

Ketika kamu berkunjung di sore hari yang cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan Gili Meno dan Gili Trawangan dari kejauhan. Terkadang, pemandangan Gunung Agung yang terletak di Pulau Bali pun bisa terlihat.

8. Pantai Kerandangan

Selain Pantai Mangsit yang sudah tersohor, kamu pun bisa mengunjungi Pantai Kerandangan yang letaknya tak jauh dari Pantai Mangsit.

Pantai Kerandangan sendiri memiliki karakteristik pasir pantai berwarna hitam eksotis dengan ombak yang besar. Sehingga sebagian wisatawan memilih untuk berkunjung ke Pantai Kerandangan di sore hari sambil melihat pemandangan matahari terbenam yang mengintip dari balik bebukitan yang mengelilingi Pantai Kerandangan.

9. Batu Layar

Batu Layar merupakan nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Nama daerah ini terkenal akan wisata religinya karena terdapat makam tokoh yang penting dalam menyebarkan dan mengembangkan agama Islam di Lombok yakni Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Setiap harinya banyak wisatawan yang datang ke Batu Layar dengan puncaknya yakni pada Lebaran ketupat yang terjadi 7 hari setelah Idul Fitri.

Selain wisata religi, terdapat pula Pantai Batu Layar yang bisa jadi alternatif untuk dikunjungi.

10. Taman Suranadi

Jika area Lombok Timur memiliki Lembah Hijau, maka di Lombok Barat terdapat Taman Suranadi yang terkenal di kalangan pemeluk agama Hindu. Sebabnya di taman ini terdapat pancuran yang diberi nama Pura Panca Tirta.

Alkisah, ada seseorang yang bernama Dang Hyang Nirlata yang merupakan penyebar agama Hindu dari India. Kemudian dalam perjalanannya, Dang Hyang Nirlata menancapkan tongkat yang selalu ia bawa dan muncullah air yang sangat jernih di tempat ia menancapkan tongkat. Meski kamu bukan beragama Hindu, kamu tetap diperbolehkan untuk merasakan kesejukan air di Taman Suranadi ini.

Wisata di Lombok Tengah

Area Lombok Tengah pun tak kehabisan objek wisata. Ini dia beberapa di antaranya:

Pantai Selong Belanak 

11. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak dijuluki sebagai Hawaii-nya Lombok karena kontur pantai yang landai, pasir putih, dan ombak yang tidak terlalu besar. Kemudian ada perbukitan pula di sekelilingnya dimana kamu bisa naik ke atasnya untuk melihat matahari terbenam atau melihat keindahan area Pantai Selong Belanak dari atas.

12. Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok Tengah juga tak kalah indahnya dari Pantai Tanjung Aan yang terkenal lebih dahulu. Pantai Mawun bisa dibilang sebagai surga tersembunyi dimana kamu bisa melihat garis pantai yang panjang dengan pasir yang masih bersih.

13. Pantai Gerupuk

Kamu doyan surfing? Well, cobalah untuk mengunjungi Pantai Gerupuk yang tak kalah indahnya dari Pantai Selong Belanak dan Pantai Pink. Memang perjuangan untuk mencapai area ini tak mudah karena kurangnya akses menuju pantai. Namun ketika kamu bisa menemukannya, maka kamu akan terpesona dengan pemandangan yang disajikan. Kemudian terdapat pula 5 spot surfing yaitu Terasaq (Outside Left), Batu Lawang (Kids Point), Giligoleng (Outside), Batu Teong (Dondong) dan Prigi (Inside). Itulah sebabnya Pantai Gerupuk menjadi incaran para wisatawan manca negara yang doyan surfing.

14. Desa Sukarara

Desa Sukarara atau Sukarare terkenal karena kerajinan kain tenun Lombok dan songket. Bahkan hasil tenunan khas Sukarara adalah Sarung Songket.

Untuk mencapai Desa Sukarara, arahkan saja mobil ke Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Begitu memasuki Desa Sukarara terdapat banyak toko-toko yang menjual tenunan dan memperlihatkan proses pembuatannya. Kamu pun jadi punya banyak pilihan.

Air Terjung Benang Kelambu

15. Air Terjun Benang Kelambu

Selain pantai, Lombok juga memiliki wisata air terjun. Salah satunya yang terkenal adalah Air Terjun Benang Kelambu yang terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram.

Setelah sampai di lokasi, pertama-tama kamu akan disambut dengan Air Terjun Benang Setongkel. Puas menikmati air terjun ini, berjalanlah kembali sekitar 1 km menembus rerimbunan tumbuhan. Kemudian kamu akan disambut dengan air terjun yang berasal dari banyak mata air sehingga berbentuk seperti kelambu. Itulah sebabnya air terjun ini dinamakan Air Terjung Benang Kelambu.

Wisata di Lombok Utara

16. Gunung Rinjani

Nama Gunung Rinjani tentu saja terkenal di kalangan para pendaki gunung. Ya, gunung yang terletak di Pulau Lombok ini menawarkan pemandangan magis yang mampu menyihir siapa saja.

Tidak sulit untuk mendaki Gunung Rinjani. Kamu bisa menempuh dua jalur pendakian yakni rute Senaru dan Rute Sembalun.

17. Segara Anak

Jika kamu mendaki Gunung Rinjani, jangan lupakan pesona Segara Anak. Danau vulkanik dengan kedalaman sekitar 230 meter ini ramai dikunjungi wisatawan untuk kegiatan memancing. Sebabnya Segara Anak dipenuhi dengan ikan mujair dan ikan mas.

18. Air Terjun Sendang Gila

Taman Nasional Gunung Rinjani begitu dipenuhi dengan kekayaan alam. Contohnya adalah air terjun. Salah satu destinasi air terjun yang paling populer adalah Air Terjun Sendang Gila setinggi 31 meter. Pemandangan hijau nan segar di sekitarnya tentu membuatmu betah di air terjun ini.

19. Air Terjun Gangga

Selain Air Terjun Sendang Gila, ada pula Air Terjun Gangga yang bisa kamu kunjungi. Perpaduan alam hijau dipadu dengan birunya air dijamin bisa memanjakan mata pengunjung. Di air terjun ini terdapat 2 tingkatan dengan 3 lokasi air terjun dimana kamu bisa bermain air di dalamnya.

20. Pantai Lokok Piko

Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, pasir Pantai Lokok Piko berwarna hitam eksotis. Meski begitu, air pantainya berwarna biru, berombak kecil, dan topografi pantai yang sangat landai sehingga membuatmu bisa bersantai di pantai ini. Bonusnya, Pantai Lokok Piko belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga suasananya masih alami.

Wisata hits terbaru di Lombok 2018

Kamu bosan mengunjungi wisata Lombok yang itu-itu saja, maka tak ada salahnya kamu berkunjung ke beberapa wisata hits terbaru di Lombok yaitu:

Gili Air 

21. Gili Air

Nama Gili Trawangan memang sudah tersohor. Dan jika kamu bosan dengan Gili Trawangan, kamu bisa mengunjungi Gili Air yang letaknya tak jauh dari Gili Trawangan. Bedanya, Gili Air memiliki suasana yang lebih sepi daripada Gili Trawangan.

22. Bukit Merese

Wisata di Lombok tak henti-hentinya menyimpan keindahan. Termasuk Bukit Merese yang dijamin akan langsung membuatmu jatuh cinta ketika mengunjunginya untuk pertama kali. Sebabnya ketika kamu berhasil menaiki Bukit Merese, kamu akan disuguhi hamparan pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta hijaunya perbukitan.

23. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu wisata pantai yang wajib kamu kunjungi kala melakukan wisata di Lombok, selain Pantai Kuta. Sebabnya pantai ini amatlah indah dengan pasir putih lembut dan birunya air laut.

24. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung masuk ke dalam wisata di Lombok terhits 2018. Dinamakan Pantai Batu Payung sebab di pantai ini terdapat karang besar yang mirip payung. Jika kamu mengunjungi Pantai Tanjung Aan, maka jangan lewatkan Pantai Batu Payung dengan naik perahu selama 15 menit.

25. Pantai Bangko Bangko

Bagi kamu pecinta olahraga surfing dan sedang melakukan wisata di Lombok, datanglah ke Pantai Bangko Bangko. Sebabnya pantai ini memiliki karakteristik ombak yang sangat cocok untuk melakukan surfing dan bahkan masuk ke dalam pantai untuk tempat surfing terbaik oleh International Surfing Association.

Wisata di Lombok dekat bandara

Kamu tak punya banyak waktu di Lombok? Jangan khawatir! Sebab kamu masih bisa melakukan wisata di Lombok dengan mengunjungi beberapa objek wisata yang letaknya dekat bandara. Apa saja? Ini dia daftarnya.

Pantai Kuta Lombok 

26. Pantai Kuta

Bukan hanya Bali saja yang punya Pantai Kuta, di Lombok pun ada. Dan letaknya dekat dengan bandara. Kecantikan pantai ini terletak di ombak yang tenang, pasir putih, dan garis pantai yang panjang.

27. Pantai Seger

Tidak jauh dari Pantai Kuta, ada pula Pantai Seger yang bisa kamu kunjungi. Di pantai ini juga rutin diadakan festival Bau Nyale setiap tahunnya. Pantai Seger sendiri hanya berjarak 15 km dari bandara.

28. Pantai Semeti dan Tawun

Pantai Semeti dan Tawun menyuguhkan pemandangan bebatuan unik sehingga bisa memanjakan mereka yang doyan fotografi. Selain karena bebatuan uniknya, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk berenang. Namun bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki banyak waktu di Lombok karena letaknya yang relatif dekat dengan bandara.

29. Desa Sade

Desa Sade merupakan tempat wisata yang juga terkenal di Lombok karena di tempat ini kamu bisa melihat refleksi kehidupan Suku Sasak yang jadi suku asli Lombok. Selain melihat kehidupan Suku Sasak dari jarak dekat, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kain tenun yang diproduksi penduduk setempat.

30. Pantai Senggigi

Kamu baru pertama kali wisata di Lombok? Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Senggigi yang jadi tempat pariwisata terkenal di Lombok. Garis pantainya yang panjang membuat Pantai Senggigi menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Letaknya pun tidak seberapa jauh dari bandara.

Ada begitu banyak objek wisata di Lombok yang bisa kamu kunjungi di liburan kali ini. Jadi, sudah pesan tiket ke Lombok?