Jerawat Tak Kunjung Sembuh, Apa Sih Sebabnya?

Seputar Ligacapsa – Salah satu masalah kulit yang bikin bete adalah jerawat. Bagi beberapa orang, jerawat kadang muncul sangat lama dan tak bisa langsung sembuh dengan cepat. Nah, jika kamu termasuk salah satu yang mengalami ini, apa sih yang harus dilakukan?

Penyebab jerawat, khususnya pada wanita ini cukup beragam Ladies. Ini tak hanya terkait kebersihan area wajah saja. Ketidakseimbangan hormon bisa memicu jerawat meradang dan muncul dalam waktu yang lama. Hormon penyebab munculnya jerawat ini adalah androgen. Secara alami, perempuan memerlukan androgen untuk membentuk sel telur serta rambut. Jumlah androgen yang berlebih ini yang menyebabkan munculnya jerawat.

Nah, hiperandrogen alias jumlah androgen yang berlebih ini biasanya disebabkan oleh gangguan sistem reproduksi. Kasus ini biasanya dialami oleh wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak lancar. Bagi wanita di atas 35 tahun sebaiknya semakin waspada jika jerawat di wajah tak kunjung sembuh. Bisa jadi masalahnya bukan pada kondisi kulit, namun di kelenjar adrenal. Sebaiknya kurangi juga stres karena bisa mengalami hiperandrogen dan memunculkan jerawat.

Untuk pengobatannya sendiri adalah dengan mengonsumsi obat anti androgen yang bersifat oral. Beberapa dokter juga menyebutkan bahwa pil kontrasepsi dapat memperbaiki siklus menstruasi dan mengurangi jerawat. Namun, untuk lebih amannya lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *