Indosat Ooredoo dambakan Palapa

Seputar Ligacapsa – Proyek Palapa Ring kini tengah dikebut oleh pemerintah. Palapa Ring ini merupakan proyek tulang punggung serat optic untuk transmisi layanan internet yang ditujukan ke daerah-daerah non komersil atau terpencil. Proyek yang sempat mangkrak 10 tahun ini, dibagi menjadi tiga paket atau wilayah yakni Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur.

Pelan tapi pasti, satu wilayah dari ketiga paket Palapa Ring itu sudah ada yang selesai. Palapa Ring Barat dinyatakan telah selesai dan mulai beroperasi, Terlepas dari itu, banyak operator yang tertarik untuk dapat menyambungkan jaringan pada akses Palapa Ring. Indosat Ooredoo menjadi salah satunya.

“Pasti dong, kita pakai (Palapa Ring). Mau barat, tengah, dan timur, kita akan pakai,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahyudi saat dijumpai di kantornya, Kamis (31/5).

Kendati begitu, meski ia memastikan akan merencanakan penggunaan jaringan tulang punggung internet itu, namun tentunya bila kualitas dari serat Palapa Ring itu sesuai dengan yang diinginkan.

“Tapi tetap akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Kalau memang kualitas oke, price oke, daripada kita bangun infrastruktur sendiri. Ini bisa saving Capital Expenditure (CAPEX),” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Palapa Ring ini merupakan proyek besar pembangunan jaringan utama di seluruh wilayah Indonesia untuk bisa terkoneksi dengan internet sekaligus target Rencana Pita Lebar Indonesia 2014 hingga 2019. Nantinya, masyarakat pedesaan bisa menikmati internet dengan kecepatan 10 Mbps dan 20 Mbps bagi masyarakat perkotaan.

Untuk wilayah barat, direntangkan fiber optik bawah laut sepanjang 1.122 kilometer. Di wilayah tengah, digelar serat optik baik darat maupun laut sepanjang 1.676 kilometer.

Sementara, di paket wilayah timur, panjang kabel optik sekitar 5.681 kilometer di laut dan darat. Total proyek Palapa Ring II ini memiliki nilai investasi sebesar USD300-USD400 juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *