Awas, Instagram Bisa Sebabkan Penyakit Bernama Instagramxiety

Seputar Ligacapsa – Media sosial memang memberikan berbagai kemudahan dan pengetahuan, namun jika tak digunakan dengan baik, media sosial bisa menyebabkan berbagai hal negatif. Nah, salah satu gangguan yang disebabkan oleh media sosial adalah instagramxiety. Ini adalah kecemasan saat membuka instagram.

Menurut beberapa penelitian, Instagram menjadi situs media sosial terburuk setelah YouTube dan Twitter. Ini karena saat membuka media sosial ini seseorang merasa cemas. Kecemasan ini bisa berbentuk seperti stres, cemburu, penuh kebencian pada diri sendiri, dan menurunnya suasana hati.

Kamu akan merasa harga dirimu jadi rendah saat melihat berbagai foto blogger, olahraga, influencer perjalanan, hingga teman, keluarga, dan rekan kerja. Satu gambar saja bahkan bisa membuat suasana hati seseorang menurun.

Agar kecemasan ini tidak terjadi, cobalah untuk berhenti mengikuti orang-orang yang unggahannya membuat moodmu turun. Follow saja akun yang banyak membuatmu tertawa. Jika kecemasan yang menaungimu makin parah, sebaiknya kamu menjauhi media sosial.

Intinya, jika kamu mengalami kecemasan lebih baik untuk jadi selektif melihat unggahan dan unfollow apa yang membuatmu sedih atau berfikiran negatif. Saat merasa cemas dengan kebahagiaan orang lain di media sosial, berarti kamu membandingkannya dengan kehidupanmu. Terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain dapat menimbulkan kecemasan.

Dari detik ini juga bersyukurlah atas kehidupanmu. Menerima dan dan menghargai diri sendiri penting untuk kesehatan mental yang baik. Satu hal yang perlu kamu ingat Ladies, tak semua yang kamu lihat di sosial media itu nyata adanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *