Mengenal Konsep Social Impact 3 Pemenang The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang

TEKNOLOGI-  Pitching deck The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang berhasil melahirkan tiga startup terbaik. Mereka lolos ke babak Final Pitching yang akan digelar pada Oktober 2018 di Jakarta

Ketiga startup tersebut adalah Tumbasin, Qappas, dan Dukapedia. Mereka berhasil memukau dewan juri saat mempresentasikan konsep dan social impact dari platform yang sedang dirintis dalam waktu tiga menit.

Lantas sperti apa sih konsep yang diusung tiga startup terpilih dari The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang?

1. Tumbasin

Nama startup ini diumumkan sebagai finalis pertama The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang. Tumbasin adalah platform digital berupa e-commerce untuk membantu perempuan pekerja membeli atau berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional.

Pitching deck The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang berhasil melahirkan tiga startup terbaik yang lolos ke babak Final Pitching di Jakarta pada bulan Oktober mendatang. Ketiga startup tersebut adalah  Tumbasin, Qappas, dan Dukapedia. Mereka berhasil memukau dewan juri saat mempresentasikan konsep dan social impact dari platform yang sedang dirintis dalam waktu tiga menit.

Lantas sperti apa sih konsep yang diusung tiga startup terpilih dari The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang?

  1. Tumbasin

Nama startup ini diumumkan sebagai finalis pertama The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang. Tumbasin adalah platform digital berupa e-commerce untuk membantu perempuan pekerja membeli atau berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional.

Saat ini platform tersebut sudah digunakan oleh sekitar seribu perempuan pekerja di Semarang.  Dampak sosial yang ditimbulkan dari startup ini adalah menjaga eksistensi pasar tradisional yang semakin tertekan dengan kehadiran pasar modern. Tak hanya itu, kehadiran Tumbasin pun diharapkan dapat membantu perempuan bekerja memenuhi kebutuhan belanja sehari-hari. Unik, bukan?

Sementara guna menjalankan usahanya secara sehat, Tumbasin mengutip komisi 10-20 persen kepada pemasok untuk setiap transaksi yang terjadi, bukan kepada konsumen.

Lantas menurut seorang juri Dayu Daya Permata (Senior Vice President Go-Jek),yang menjadi tantangan bagi Tumbasin ke depan adalah delivery cost alias biaya pengiriman. Siapa yang mesti menanggung jika konsumen yang dilayani semakin banyak?

  1. Qappas

© 2018 www.thenextdev.id/Syakur Usman

Nama startup ini diumumkan sebagai finalis kedua oleh dewan juri di Semarang kemarin. Qappas adalah platform Software As A Service (SaaS) yang menyasar UMKM di Semarang. Sejatinya, Qappas ini menawarkan konsep untuk membantu UMKM di Semarang agar ‘naik kelas’. Tujuannya agar mereka dapat memasarkan produknya ke pasar global lewat situs e-commerce. Masuk ke pasar sejak Januari 2018, Qappas kini sudah membantu 100 UMKM di Semarang dengan 10 klien besar.

“Visi Qappas adalah ingin membawa produk UMKM Indonesia menjadi produk global,” ujar Donni yang merintis startup SaaS ini pada Mei 2018 bersama tiga founder lainnya: Riri, Devid, dan Fariz.

  1. Dukapedia

© 2018 www.thenextdev.id/Syakur Usman

Nama startup ini dipanggil terakhir sebagai finalis The NextDev 2018 Talent Scouting Semarang. Saat itu, tak banyak yang percaya Dukapedia disebut sebagai finalis terpilih ketiga dari Kota Lumpia. Pasalnya, startup ini menggeluti bisnis yang tidak biasa, yakni menawarkan jasa mengurusi orang mati lewat konsep digital berupa market place. Dukapedia juga mengklaim sebagai satu-satunya pemain digital di industri funeral alias kematian di Semarang.

Jadi, social impact yang ditawarkan startup ini adalah membantu pengurusan kebutuhan jenazah secara menyeluruh dari hulu ke hilir, termasuk pemakaman atau kremasinya. Unik, kan? Saat ini Dukapedia masih fokus melayani bisnis ini untuk pemeluk agama Kristen, Budha, dan Hindu.

“Kami akan kembangkan layanan ini untuk agama Islam pula,” ungkap Aaron Hasth, founder sekaligus CEO Dukapedia saat ditanya rencana ke depan Dukapedia.

Ingin mengikuti jejak ketiganya menuju Final Pitching di Jakarta? Makanya jangan lewatkan penyelenggaraan pitching day The NextDev 2018 di kota kamu. Cek schedule lengkapnya di sini!

Denpasar             : 29 Juni 2018 (Deadline submission : 15 Juni 2018)

Batam                   : 26 Juli 2018 (Deadline submission : 15 Juli 2018)

Samarinda           : 23 Agustus 2018 (Deadline Submission : 15 Agustus 2018)

Jogjakarta           : 27 September 2018 (Deadline Submission : 15 September 2018)

Jakarta                  : 27 Oktober 2018 (Deadline Submission : 15 Oktober 2018)

Siap kasih social impact buat Indonesia lewat The NextDev 2018!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *