Jangan buka, jika dapat pesan WhatsApp bulatan hitam

Seputar Ligacapsa – Pengguna WhatsApp baru-baru ini digemparkan dengan beredarnya teks mencurigakan berupa bulatan hitam. Sebab, para pengguna yang menerima pesan tersebut mengeluhkan perangkat Androidnya langsung hang

beberapa pesan teks yang dikirim ke WhatsApp dapat merusak aplikasi perpesanan, atau bahkan smartphone Android.

Pesan teks ini memiliki simbol tersembunyi di antara spasi. Ketika pengguna WhatsApp mengetuk bagian dari salah satu pesan, simbol-simbol yang tersembunyi meluas, menutupi WhatsApp dan OS Android. Itu menyebabkan aplikasi dan/atau smartphone mati.

Satu pesan adalah teks sederhana dalam kutipan yang berbunyi “Ini sangat menarik,” dengan emoji “Tertawa hingga mengeluarkan air mata”. Simbol tersembunyi berada di antara emoji dan tanda kutip.

Pesan kedua memberi tahu pengguna apa yang akan terjadi jika mengetuk titik hitam yang merupakan bagian dari pesan.

“Jika kamu menyentuh titik hitam ini maka WhatsApp akan hang,” demikian yang tertulis dalam teks, yang mencakup sebuah jari menunjuk ke titik.

Ada pula pesan yang mengajak pengguna mengetuk bagian pesan bergambar titik hitam besar (dikenal dengan sebutan black dot of death), akan mengubah teks menjadi html yang berarti data pengguna telah dicuri dan kemungkinan akan membuat smartphone hang.

Kemungkinan masalah ini akan memakan waktu beberapa hari. Maka dari itu disarankan untuk mengabaikan pesan yang mencurigakan atau ada baiknya puasa media sosial untuk sementara waktu sampai masalah ini selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *