Bermain Media Sosial Menurunkan Rasa Percaya Diri pada Wanita

Seputar Ligacapsa РBermain media sosial dan gadget merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan. Apalagi, ketika kita bisa mengakses berbagai informasi hanya dari media sosial yang ada. Lewat media sosial, kita bahkan bisa mengungkapkan argumen kita dengan sangat baik lewat tulisan. Tidak jarang, curhat panjang di sosial media juga sangat mudah terlontarkan tanpa harus membuka mulut atau berbicara.

Namun tahukah kita ladies, bermain media sosial sebenarnya justru bisa bikin rasa percaya diri menurun. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas South Wales menemukan jika orang-orang terutama wanita yang menghabiskan waktunya lebih dari satu jam di Instagram, facebook, Pinterest, Twitter dan sejenisnya, merasa kurang senang dengan tubuh dan pribadinya dibandingkan dengan orang yang hanya menghabiskan waktu sedikit di sosial media.

Melansir dari laman New York Post, peneliti utama yakni Martin Graff mengungkapkan jika orang-orang yang senang bermain sosial media khususnya wanita, akan merasa jika tubuh kurus adalah kriteria tubuh cantik. Wanita yang kerap melihat postingan orang lain yang lebih cantik, menawan dan cerdas akan cenderung menyesal dengan kondisi dirinya sendiri dan tidak puas dengan apa dimilikinya.

Martin Graff mengatakan, “Menghabiskan banyak waktu untuk bermain sosial media dan membandingkan dirinya dengan orang lain, ini akan membuat rasa percaya diri berkurang. Ini juga akan membuat pikiran jadi tidak sehat.”

“Orang-orang juga cenderung hanya akan memposting apa-apa yang membuatnya terlihat keren, menawan dan cantik. Bukan apa-apa yang buruk dan apa adanya dirinya. Ini jelas menunjukkan bahwa orang ini merasa kurang percaya diri dan tidak yakin dengan dirinya sendiri,” tambah Martin.

Mengenai penelitian ini sendiri, memang tidak semua orang akan mengalami krisis percaya diri karena media sosial. Namun, perlu diingat bahwa bermain sosial media berlebihan tetap tidak baik dan mempengaruhi pola pikir kita ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *