6 Cara Obati Rasa Sakit Karena Putus Cinta

Seputar Ligacapsa РJika hubungan cinta memang sudah tak bisa dipertahankan mau bagaimana lagi? Kamu tak bisa apa-apa, meski hubungan ini pada akhirnya hanya menyisakan luka. Ketika sakit hati karena putus cinta melanda, satu hal yang harus kamu lakukan adalah mengatasinya. Tapi apa saja yang bisa kamu lakukan? ini yang bisa kamu lakukan.

1. Menerima perasaan
Seorang aktor dan komedian Jim Dailakis menyamakan putus cinta dengan kematian. Ia mengatakan, “Saat putus cinta, akan terasa seperti kematian, karena memang itu adalah matinya sebuah hubungan,” ujar Jim Dailakis. Ia menambahkan, kuncinya adalah menerima kesedihan itu jika ingin melupakannya. Tidak masalah untuk mengingat dan menangisi masa-masa indah bersama beberapa hari setelah putus cinta.

2. Putuskan semua bentuk komunikasi
Pakar hubungan cinta dan kencan asal Inggris, Laura Yates, menyarankan untuk menghentikan semua bentuk komunikasi dalam berbagai cara. Harus ada jeda untuk merasa lupa karena kamu butuh jarak dan waktu untuk menata kembali perasaan. Ketika kamu tak tahu kabar tentangnya sama sekali seperti ditelan bumi, maka akan lebih mudah menyembuhkan hati.

3. Meluapkan perasaan terdalam
Dr. Simon Rego, selaku Direktur Pelatihan Psikologi di sebuah RS di New York, mengatakan bahwa Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy -CBT) adalah peluang terbaik untuk mengatasi perasaan-perasaan yang merugikan setelah putus cinta. Salah satu tekniknya adalah, “Jangan mencoba menghindari perasaan tersebut walau tidak menyenangkan,” bebernya. Intinya, kamu harus menghadapi perasaanmu.

Putus cinta, lakukan ini agar bisa move on/copyright 

4. Lawan pikiran negatif
Berpikiran positif dengan tidak menyesali apa yang terjadi dan keluarlah bersama teman-teman. Cari kegiatan yang menyenangkan dan bisa membuatmu sibuk serta lupa dengan kenangan yang pahit. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri karena kamu perlu maju untuk menemukan dirimu yang baru.

5. Jujur pada diri sendiri
Mengakui kesalahan dan jujur seperti apa perasaanmu adalah hal terbaik untuk melepaskan rasa sakit. Bahkan jika itu kenyataan kamu masih mengharapkannya kembali. Putus cinta dan sakit hati akan jadi pengalaman yang membuatmu belajar banyak.

6. Melihat masa depan dan lupakan masa lalu
“Putus cinta berasal dari hubungan yang tidak sehat atau memang tidak ditakdirkan berlanjut. Tapi hal ini akan membawa ke sesuatu yang lebih baik,” ujar pengarang buku, Dr. Dain Heer.

Meski memang rasa sakit ini tidak terlihat secara fisik, namun kamu perlu mengatasinya dengan segera ladies. Karena bagaimana pun rasa sakit batin justru lebih pedih dan sulit disembuhkan ketimbang luka fisik. Semoga kamu cepat baikan ya.