Pengguna Instagram Bisa Unduh Data Mereka, Ini Caranya

Pengguna Instagram Bisa Unduh Data Mereka, Ini Caranya

Berita Unik – Jejaring sosial berbagi foto milik Facebook akan berbagi cara kepada pengguna untuk melakukan download atau mengunduh data mereka sejak dari pertama menggunakan Instagram.

Hal ini dilakukan oleh Instagram untuk meningkatkan kepercayaan publik kembali kepada perusahaan ditengah kasus bocornya data Facebook.

Dengan adanya fitur unduh data pengguna,  Instagram berharap pengguna mereka kembali percaya kepada perusahaan ditengah kekhawatiran global tentang privasi informasi pengguna paa platform media sosial dan jumlah data pengguna yang disimpan oleh perusahaan.

Seperti dikutip dari reuters.com, seorang juru bicara pada Rabu mengatakan bahwa Instagram Facebook Inc akan segera memungkinkan penggunanya untuk mengunduh salinan dari semua konten yang telah mereka unggah.

Meskipun Facebook telah mengizinkan penggunanya untuk mengunduh foto, pesan, iklan yang diklik dan log dari semua aktivitas mereka di platform jejaring sosial setidaknya sejak 2010, Instagram tidak memiliki fitur semacam itu.

“Kami sedang membangun alat data portabilitas baru,” kata juru bicara Instagram melalui email. Alat ini akan memungkinkan pengguna untuk mengunduh data termasuk foto, video, dan pesan mereka, tambahnya.

Jika alat ini diluncurkan sebelum 25 Mei, itu akan membantu Instagram mematuhi undang-undang privasi Eropa yang membutuhkan data portabilitas, situs berita teknologi TechCrunch, yang pertama kali melaporkan berita pada hari Rabu, mengatakan.

Instagram, yang memiliki sekitar 800 juta pengguna di seluruh dunia, tidak mengatakan kapan mereka mengharapkan untuk meluncurkan alat ini.

Secara terpisah pada hari Rabu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menjawab pertanyaan dari anggota parlemen AS tentang privasi data setelah pengumuman pada bulan lalu bahwa beberapa juta data pribadi pengguna Facebook salah diambil dari platform oleh Cambridge Analytica, sebuah konsultan politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *