Berpenampilan unik,5 kucing bermuka 2 ini bakal jadi peliharaan paling keren

UNIK– Punya hewan peliharaan berupa kucing bermuka dua? Jelas tidak ada bandingannya. Kucing seperti ini tergolong sangat langka, karena disebabkan kelainan genetik.

Kucing-kucing yang memiliki wajah ganda biasanya berasal disebut chimera dan janus. Kucing chimera umumnya memiliki warna rambut dan mata yang berbeda, seperti tokoh Two Face yang jadi musuh Batman. Kelainan ini disebabkan karena penyatuan dua embrio kembar non-identik yang kurang sempurna. Perpaduan tersebut menghasilkan satu makhluk hidup dengan ciri fisik dari dua hewan sekaligus.

Sementara kucing-kucing janus memiliki dua kepala yang berdempetan. Disebut demikian karena memiliki ciri-ciri yang sama dengan Janus, dewa dalam mitologi Romawi. Janus memiliki dua kepala yang menghadap ke masa lalu dan masa depan.

Karena keunikan fisiknya, kucing chimera dan janus selalu menjadi objek kekaguman. Foto-fotonya viral di dunia maya. Bahkan ada yang sampai menjadi selebgram.

Seperti apa lucu dan menggemaskannya kucing-kucing bermuka dua? Yuk, kita berkenalan dengan mereka.

1. Venus

Kucing berwajah ganda nan imut ini viral setelah fotonya diunggah ke Reddit dengan caption ‘kucing paling keren yang pernah ada’. Sejak itu Venus menjadi idola di dunia maya.

Venus adalah kucing kampung yang ditemukan di sebuah peternakan sapi perah di North Carolina pada tahun 2009. Si penemu yang tak diketahui namanya mengadopsi kucing tersebut pada bulan September.

Lihat saja penampilan Venus yang gaya dengan rambut separuh hitam separuh coklat belang. Mata kanannya berwarna hijau seperti kebanyakan kucing hitam. Sementara mata kirinya berwarna biru muda.

Sejak terkenal, Venus sudah seperti selebgram saja. Tak cuma punya Instagram, kucing ini juga punya Facebook dan situs web sendiri. Di sana para penggemar bisa melihat foto-foto atau menonton videonya.

Berpenampilan unik,5 kucing bermuka 2 ini bakal jadi peliharaan paling keren

2. Frank & Louie

Namanya Frank & Louie, tetapi sebenarnya ini adalah satu kucing saja. Frank & Louie adalah binatang yang disebut kucing janus, sesuai dengan nama sang dewa berwajah dua.

Kucing ini diadopsi oleh Martha ‘Marty’ Stevens pada tahun 1999. Kucing ini termasuk fenomena super langka. Kucing-kucing janus biasanya tidak dapat bertahan hidup dalam waktu lama. Namun Frank & Louie bisa hidup selama 15 tahun seperti kucing pada umumnya.

Di usia 12 tahun, Frank & Louie dinobatkan sebagai kucing janus tertua oleh Guinness Book of World Records. Kucing berkepala dua ini meninggal pada bulan Desember 2014. Menurut laporan Worcester Telegram, penyebabnya adalah kanker.

Berpenampilan unik,5 kucing bermuka 2 ini bakal jadi peliharaan paling keren

3. Quimera

Inilah Quimera, kucing chimera yang disebut-sebut sebagai saingannya Venus. Kucing betina asal Argentina ini juga memiliki wajah, mata, dan tubuh yang berbeda warna.

Quimera memiliki ciri khas yang lebih unik lagi. Wajah bagian kanannya memiliki rambut berwarna coklat dan mata hijau seperti kucing hitam. Sementara wajahnya yang sebelah kiri berwarna hitam dengan mata biru layaknya kucing belang. Warna rambut di tubuhnya juga terbalik. Jadi dilihat dari samping maupun depan Quimera akan terlihat seperti Two Face.

Sejak viral di jejaring sosial, Instagram Quimera sudah kebanjiran 73.000 pengikut.

Berpenampilan unik,5 kucing bermuka 2 ini bakal jadi peliharaan paling keren

4. Bettie Bee

Bettie Bee juga termasuk kucing janus seperti Frank & Louie. Kucing ini berasal dari Afrika Selatan dan langsung viral di dunia maya sejak kelahirannya pada tanggal 12 Desember 2017.

Bettie Bee memiliki dua kepala, dua hidung, dua hidung, dan tiga mata. Sayangnya, tidak seperti Frank & Louie, Bettie Bee memiliki kesehatan yang buruk.

Hanya beberapa hari setelah dilahirkan, Bettie Bee menderita pneumonia atau paru-paru basah akibat paru-parunya kemasukan susu.

Setelah dilakukan penanganan oleh dokter hewan, Bettie Bee mengalami muntah-muntah dan semakin banyak susu masuk ke dalam paru-parunya. Akhirnya kucing ini mengembuskan napas terakhir pada tanggal 29 Desember. Dia hanya mampu bertahan selama 16 hari, namun sudah berhasil menyentuh banyak hati dengan keimutannya.

Berpenampilan unik,5 kucing bermuka 2 ini bakal jadi peliharaan paling keren

Narnia si kucing chimera.

5. Narnia

 Setelah Venus dan Quimera, kini giliran Narnia yang unjuk gigi di dunia maya. Kucing dari ras British shorthair ini jadi sensasi di dunia maya gara-gara foto yang dijepret oleh Jean-Michel Labat. Fotografer yang mengkhususkan diri pada binatang ini berhasil menangkap kecantikan unik Narnia dan membuat seluruh dunia melihatnya.

Narnia tinggal di Prancis bersama majikannya, Stephanie Jimenez. Sejak lahir pada tanggal 28 Maret 2017, kucing ini sudah memiliki penampilan unik. Seluruh tubuhnya berwarna hitam, tetapi sisi wajahnya yang sebelah kanan memiliki rambut kelabu muda.

Kalau Venus dan Quimera terkesan eksotis serta misterius, Narnia justru benar-benar imut. Lihat saja posenya dalam foto di atas. Manis, kan?

Tahun depan mungkin bakal ada chimera dan janus lain yang mengambil alih ketenaran lima kucing tadi. Apakah di sekitarmu ada hewan seperti ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *