Bermain-main dengan Xiaomi Redmi 5

Berita Unik Pada pertengahan Februari lalu, Xiaomi resmi merilis senjata terbarunya yakni Redmi 5 dan 5 Plus. Produk terbarunya itu, memang dikhususkan untuk bertarung dengan para pesaingnya yang lebih dulu hadir. Bukan Xiaomi kalau tak unggul dari sisi spesifikasi dan harga. Dari sisi spesifikasi, kedua senjata barunya itu hadir dengan keunggulannya masing-masing.

Redmi 5 dengan RAM 2GB dan memori 16GB serta prosesor Snapdragon 450 dibanderol dengan harga Rp 1.699.000. Sementara bila RAM 3GB dan memori 32GB diharga Rp 1.899.000. Sedangkan, Redmi 5 Plus dengan RAM 3GB dan memori 32GB dibanderol dengan harga Rp. 2.199.000. Dan, bila RAM 4GB dan memori 64GB, Xiaomi memberikan harga Rp 2.699.000. Cukup terjangkau, bukan?

Nah, kali ini, merdeka.com berkesempatan menjajal produk barunya tersebut. Kebetulan, unit yang kami dapat adalah Redmi 5 warna hitam dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori 16GB. Dalam kesempatan ini, merdeka.com hanya menggunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti untuk memotret, media sosial, e-mail dan browsing.

Berikut adalah sedikit dari hasil review yang merdeka.com lakukan:

Desain dan Layar
Saat kami membuka box Redmi 5 ini, perasaan yang hadir adalah produk Xiaomi ini seperti barang mewah nan gagah. Desain yang dihadirkan Xiaomi pada Redmi 5 ini begitu kekinian. Mengingat harga yang ditawarkan barang ini cenderung minimalis, tetapi mampu memberikan desain yang kekinian.

Xiaomi Redmi 5 2018 

Layar nyaris tanpa bezel menjadi keunggulan desain Redmi 5 kali ini dengan ukuran 5,7 inci. Biasanya, layar tanpa bezel ditemukan pada ponsel-ponsel yang kelas atas tetapi Xiaomi berhasil menyajikannya dengan harga yang berbeda. Selain itu juga, desain yang dibalut full metal body, menjadikan smartphone ini terlihat kokoh.

Namun sayangnya, ketika kami mencobanya, desain yang apik ini terasa licin. Sehingga harus hati-hati saat menggenggamnya. Kami akui, beberapa kali smartphone berharga Rp 1.699.000 ini hampir terjatuh. Kemungkinan karena bahan yang digunakan menggunakan metal sehingga licin. Saran yang bisa disampaikan kala membeli Redmi 5 ini adalah cobalah untuk melengkapinya dengan casing. Tapi tenang saja, Xiaomi memberikan satu paket dengan casingnya. Beruntung juga, warna Redmi 5 yang kami dapatkan adalah warna hitam. Sebab bekas genggaman di belakang jika diperhatikan terlihat.

Xiaomi Redmi 5 2018

Sementara itu, untuk bagian tombol power dan volume berada di posisi kanan atas. Kedua tombol itu diletakan tak berjauhan. Mungkin bagi beberapa orang yang belum terbiasa menggunakannya, akan terasa berbeda. Tak jarang mleset dalam menekan tombol yang diinginkan.

Beralih ke bagian speaker. Speaker diletakan di bagian bawah sejajar dengan tempat charging. Nampak seperti dua sisi speaker yang digunakan oleh Redmi 5 ini. Namun ternyata, hanya ada satu yang berjalan sesuai dengan fungsi speaker. Yakni di posisi sebelah kanan.

Software
Redmi 5 ini telah menggunakan sistem operasi MIUI 9.2 Global. Sistem operasi ini tergolong baru. Ada banyak perubahan yang dibawa sistem operasi tersebut. Hal yang sepele misalnya, informasi ‘Tentang Ponsel’. Informasi ini biasanya berada di bagian bawah, namun MIUI 9.2 global meletakan informasi itu justru di paling atas.

Sebelumnya, pada MIUI 9, aneka fitur terbaru dihadirkan seperti aplikasi galeri baru, app voult, new notification, Mi Video, Mi Explorer, Mi Drop, Screen split, dan interactive. Nah di MIUI 9.2 Global ini, terdapat sejumlah perbaikan untuk pengguna lebih nyaman seperti Galery, Mi Mover, dan Mi Drop. Selain itu juga terdapat fitur penyuntingan foto terbaru dan kalibrasi layar. Secara umum, dengan MIUI 9.2 Global, kami merasakan ada hal yang berbeda dan semakin nyaman dalam menggunakannya.

Xiaomi Redmi 5 2018 



Xiaomi Redmi 5 2018 

Sensor Fingerprint
Sensor fingerprint yang disematkan Xiaomi Redmi 5 ini berada di belakang posisi tengah. Secara psikologis pengguna menurut kami, dengan posisi berada di bagian tengah belakang, memudahkan pengguna untuk beraktivitas. Tak perlu ribet untuk membuka layar.

Xiaomi Redmi 5 2018 

Menurut kami, sensor fingerprint Redmi 5 ini tergolong responsive. Beberapa kali kami coba dalam keadaan layar tertutup, sensor fingerprint bekerja dengan baik. Hanya saja, karena sensor fingerprint yang dimiliki tergolong fingerprint magnet, maka harus sering-sering membersihkannya.

Kamera
Kamera kerap menjadi fitur primadona dan menjadi pertimbangan kala konsumen ingin membeli smartphone. Maka itu, tak heran bila produsen smartphone berlomba-lomba memberikan kamera ciamik demi menuai hasrat dari konsumennya. Termasuk Xiaomi Redmi 5.

Redmi 5 ini memiliki kamera belakang 12MP dengan aperture f/2.2 dan LED flash. Sementara untuk kamera depan, 5MP diberikan Xiaomi bagi pengguna yang cinta selfie. Kami pun mencobanya. Fitur HDR di kamera ini sudah tersedia namun khusus untuk kamera belakang.

Nah, untuk kamera belakang, harus kami akui bahwa Redmi 5 mampu menghasilkan gambar yang bagus. Berikut adalah jepretan dari kamera beresolusi 12MP.

Xiaomi Redmi 5 2018 



Xiaomi Redmi 5 2018 

Namun, untuk kamera depan, dengan skala resolusi 5MP terbilang lumayan. Cukup menghasilkan hasil gambar yang bagus meskipun tentunya tak sejernih kamera belakangnya. Berikut adalah hasilnya.

Xiaomi Redmi 5 2018 

Baterai
Redmi 5 ini memiliki kapasitas baterai 3.300 mAh. Dengan baterai sebesar itu, kami rasakan mempunyai pengaruh keawetan daya tahan baterai. Lebih dari satu hari dengan pemakaian standar sehari-hari seperti e-mail, chat, menonton YouTube, dan menggunakan media sosial.

Kesimpulan
Redmi 5 merupakan smartphone yang cukup baik untuk kelasnya. Rasanya tak sia-sia bila Anda menggelontorkan budget Rp 1.699.000 untuk membelinya. Hal itu sepadan dengan spesifikasi yang diberikan perangkat milik Xiaomi ini. Selain itu, terdapat dua slot SIM Card 4G yang bisa digunakan pengguna dan microSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *