8 Manfaat mengejutkan dari makan pisang mentah

8 Manfaat mengejutkan dari makan pisang mentah

Seputar ligacapsa ~ Pisang mentah atau pisang hijau sebenarnya adalah pisang biasa yang memang belum begitu matang. Disebut pisang mentah di sini bukan berarti pisang yang tidak bisa dimakan, melainkan pisang yang setengah matang. Pisang mentah dikenal memiliki sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik serta pati yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Bagi kebanyakan orang, memakan pisang ini mungkin kurang menarik. Akan tetapi pisang mentah alias setengah matang ini ternyata memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, khususnya untuk urusan kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan penyerapan gizi
Jika Anda mengonsumsi pisang hijau, ini dapat membantu memperbaiki kesehatan usus berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Penelitian mengatakan bahwa jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, terutama kalsium.

2. Mengatur tekanan darah
Pisang hijau sangat tinggi dalam kandungan kalium yang mana merupakan mineral penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Kalium bertindak sebagai vasodilator yang berarti dapat menurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri Anda. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

3. Membantu pencernaan
Tingginya kadar pati di pisang hijau membuat mereka sangat baik untuk pencernaan di perut. Ini mengandung serat makanan yang dapat membantu mencegah kembung dan konstipasi jika dikonsumsi secukupnya.

4. Mengandung bakteri probiotik
bakteri probiotik sangat baik untuk usus. Pisang hijau adalah makanan yang sempurna untuk bakteri baik ini. Bakteri tersebut hidup di usus Anda dan mengonsumsi pisang hijau akan membantu mencapai perut serta saluran pencernaan yang lebih sehat.

5. Obat diare
Pisang hijau memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Hal ini disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi parasit. Mengonsumsi pisang hijau diketahui mampu memerangi segala ancaman buruk dari hal itu.

6. Sempurna untuk pengidap diabetes
Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau dalam daftar makanannya. Lantaran pisang hijau memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sedikit. Diet pasien diabetes perlu rendah gula dan pisang hijau adalah makanan sempurna. Dimakan dengan cara merebusnya adalah salah satu untuk mencapai hasil paling baik.

7. Meningkatkan metabolisme
Pisang hijau mengandung mineral dan nutrisi penting yang dapat membantu mengoptimalkan metabolisme dengan menyediakan basis karbohidrat kompleks yang stabil untuk energi. Pisang hijau juga bisa mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh dan dengan demikian meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

8. Tinggi Vitamin B6
Pisang hijau mengandung vitamin B6 yang tinggi. Mengandung 39 persen dari nilai yang dianjurkan setiap hari. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam lebih dari 100 reaksi enzimatik dalam tubuh manusia. Vitamin B6 diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dan membantu mengendalikan gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *