Jangan Diabaikan! Kenali Jerawat Pada Kulit Kepala yang Mengganggu

Berita Unik – Tak melulu menyerang kulit wajah, jerawat juga dapat terjadi pada kulit yang menyelimuti seluruh tubuh kita termasuk kulit kepala. Apa kamu pernah mengalaminya? Meskipun tersembunyi dan tidak merusak penampilan

jerawat pada kulit kepala tetap saja menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Bahkan dalam kondisi tertentu, dapat berujung dengan masalah rambut rontok! Mengganggu sekali, bukan? Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab jerawat pada kulit kepala? Lalu, bagaimana cara untuk mencegahnya, ya?

Jenis-Jenis Jerawat pada Kulit Kepala

Jenis-Jenis Jerawat pada Kulit Kepala

Pada umumnya, jerawat yang terjadi pada kulit kepala muncul di area hair line. Jenis jerawatnya pun berbeda-beda. Jerawat dapat berupa jerawat ringan seperti whiteheads dan blackhead yang cepat hilang dan mudah untuk diobati. Bisa juga berupa jerawat sedang dalam bentuk papules dan pustules yang muncul pada permukaan kulit. Atau pun jerawat parah berbentuk nodules dan cysts yang terasa sangat sakit dan terletak di bawah permukaan kulit.

Pada kasus-kasus tertentu, ada jerawat yang memiliki tingkat keparahan cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan rambut rontok, pitak, dan rasa sakit yang terus-menerus. Jika sudah mengalami hal ini, jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab

Penyebab Jerawat/Copyright Shutterstock

Masih sama dengan jerawat yang terjadi pada area tubuh lainnya, jerawat pada kulit kepala juga disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Penyumbatan ini menyebabkan folikel rambut menjadi bengkak dan terinfeksi oleh bakteri pada kulit kepala. Hal yang dapat menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori kulit kepala yaitu:

  1. Membiarkan rambut berkeringat dalam waktu yang lama setelah beraktivitas.
  2. Tidak membersihkan rambut dengan baik dari sisa produk perawatan seperti hairspray atau dry shampoo, sehingga produk menumpuk dan menyumbat pori-pori.
  3. Jarang keramas sehingga minyak, kotoran, dan sel kulit mati terus menumpuk pada kulit.
  4. Menggunakan aksesori kepala yang terlalu ketat sehingga menyebabkan gesekan berlebih pada kulit kepala.

Cara Mencegah dan Menangani Jerawat pada Kulit Kepala

Cara Mencegah dan Menangani Jerawat pada Kulit Kepala

Jerawat pada kulit kepala mungkin lebih sulit untuk ditangani karena sering kali tidak terlihat dan tertutup oleh rambut, namun bukan berarti tidak bisa dicegah maupun ditangani. kamu bisa mencoba beberapa hal ini:

  1. Lakukan konsultasi dengan dermatologist. Dengan berkonsultasi, kamu dapat langsung mengetahui jenis jerawat apa yang dialami dan pengobatan apa yang sesuai. Masalahnya, jerawat dapat menjadi tanda dari penyakit serius lainnya seperti cutaneous lupus, misalnya.
  2. Kurangi kebiasaan menyentuh kulit kepala. Sama halnya dengan jerawat pada wajah, kebiasaan menyentuh dan menggaruk jerawat pada kulit kepala juga dapat membuat jerawat menjadi semakin parah.
  3. Melakukan eksfoliasi pada kulit kepala. Meskipun dapat beregenerasi sendiri, tak ada ruginya kamu melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, sel kulit mati akan terbuang dan mengurangi risiko penyumbatan folikel rambut. kamu bisa mencari produk sampo yang memiliki scrub lembut, scrub treatment, atau meracik sendiri hair scrub dengan bahan-bahan yang aman seperti campuran minyak esensial dengan gula.

Semoga bermanfaat.

#Sakong #BandarPoker #BandarQ #AduQ #DominoQQ #CapsaSusun #PokerOnline #SabungAyam #Racing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *