Huawei Dapat Dukungan dari Negara Ini Terkait Perseteruan dengan AS

LIGACAPSAHuawei saat ini masih dihantam permasalahan oleh pemerintah Amerika Serikat. Semua produk asal Tiongkok ini di-blacklist. Huawei pun tak terima. Kondisi pun semakin memanas. Namun, Huawei mendapat dukungan dari pemerintah Malaysia.

Dikutip dari Nikkei Asian Review dan AFP, Sabtu (1/6), Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menyatakan, penelitian Huawei mengenai teknologi harus diacungi jempol.

Maka, dia tidak akan menghiraukan pemerintah Amerika Serikat untuk menggunakan segala produk milik Huawei. Bahkan, Malaysia akan menggunakan teknologi buatan Huawei sebanyak mungkin. Pernyataannya itu terlontar kala dia dalam konferensi Future of Asia di Tokyo, Jepang.

“Kami akan mencoba menggunakan teknologi buatan mereka itu sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Pernyataannya itu bertolak belakang dengan sikap sejumlah negara seperti Jepang dan Australia. Kedua negara tersebut justru menghindari sebisa mungkin perangkat teknologi 5G besutan Huawei.

Mahathir pun mengungkapkan bahwa seharusnya Amerika Serikat harus menerima kenyataan ini bahwa penelitian dan pengembangan teknologi yang mumpuni juga bisa dilakukan oleh negara Timur. Maka sebaiknya, kata dia, Amerika Serikat dan Negara Barat tak usah memprovokasi mengancam bisnis rivalnya.