Cuaca Lembap dan Berangin Bisa Jadi Penyebab Kumatnya Radang Sendi

LIGACAPSA – Seseorang dengan masalah nyeri kronis cenderung untuk merasa lebih sakit pada cuaca tertentu. Masalah ini bakal terasa lebih sakit saat cuaca lembap dan berangin.

Dilansir dari Independent, peneliti dari University of Manchester melakukan penelitian terhadap 13.000 orang di seluruh Inggris yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang. Mereka menyelidiki apakah cuaca buruk bisa membuat kondisi penderita arthritis, fibromyalgia, dan nyeri neuropatik semakin buruk.

Partisipan diminta untuk mencatat gejala penyakit sehari-hari mereka selama lebih dari enam bulan. Selain itu cuaca setiap hari juga dicatat berdasar data dari GPS di smartphone.

Penelitian menunjukkan bahwa cuaca buruk memang berdampak terhadap masalah kesehatan. Seseorang 20 persen lebih mungkin menderita masalah nyeri pada hari ketika cuaca lembap dan berangin serta memiliki tekanan atmosfer rendah.

Sebaliknya, pada hari yang cerah hal tersebut tak terjadi. Pada hari yang kering atau ketika terjadi perubahan hujan atau bahkan saat hujan, masalah nyeri ini tak muncul. [A.s.A]