Cara Menggunakan Test Pack yang Benar Agar Hasil Akurat

LIGACAPSA –  Kehamilan tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap pasangan suami istri. Seseorang yang sedang hamil ternyata memiliki beberapa tanda.

Test pack menjadi salah satu alat untuk mengetahui seseorang sedang hamil atau tidak. Meski terlihat sederhana, tetapi penggunaan test pack tidak boleh sembarangan.

Penggunaan test pack yang tidak tepat dapat membuat hasil yang tidak akurat. Oleh sebab itu, Merdeka.com telah merangkum cara menggunakan test pack yang benar agar hasil akurat dari Alodokter dan berbagai sumber.

Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 5 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Test Pack

ilustrasi test pack

©shutterstock.com/Andrey_Popov

Pastikan Kondisi Test Pack Baik

Saat Anda membeli test pack, cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa produk tersebut. Tak hanya itu, pilihlah test pack yang memiliki sensitivitas tinggi.

Waktu Penggunaan Test Pack

Agar hasil penggunaan test pack akurat, Anda perlu memperhatikan waktu penggunaannya. Gunakan test pack di hari pertama Anda terlambat menstruasi atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim.

Sebaiknya, tunggu sampai Anda terlambat menstruasi selama 1-2 minggu. Apabila Anda hamil, usia kandungan Anda diperkirakan sudah mencapai 6 minggu.

Penggunaan Test Pack Tidak Dilakukan di Siang Hari

Untuk mendapat hasil yang akurat, sebaiknya hindari penggunaan test pack di siang hari. Hal ini karena urine saat siang hari lebih encer.

Urine yang encer ternyata membuat hormon hCG sulit terdeteksi. Disarankan untuk menggunakan test pack saat pagi hari usai bangun tidur.

2 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Test Pack Secara Umum

001 magang

 

Apabila Anda telah membeli test pack yang tepat, langkah selanjutnya yaitu melakukan tes dengan urine Anda. Berikut caranya:

a. Simpan urine Anda dalam sebuah wadah, lalu masukkan sedikit bagian test pack ke dalam urine.

b. Gunakan pipet untuk memindahkan sedikit urine Anda ke bagian test pack yang sensitif terhadap hormon hCG.

c. Di dalam kamar mandi, Anda dapat meletakkan test pack di sekitar area aliran urine Anda. Hal ini dilakukan agar test pack dapat menangkap aliran urine.

Pastikan Anda telah membaca petunjuk penggunaan test pack. Setiap test pack memiliki indikator hasil yang berbeda-beda. Ada yang dengan satu atau dua garis, simbol + atau – bahkan tulisan “Ya” atau “Tidak”.

3 dari 5 halaman

Tanda-tanda Harus Segera Tes Kehamilan

009 siti rutmawati

©www.livestrong.com

Tidak Menstruasi

Apabila tanggal menstruasi tiba tapi Anda tidak menstruasi, maka ini dapat menjadi sebuah tanda kehamilan. Tetapi, perlu diketahui bahwa telat datang bulan tak hanya disebabkan karena kehamilan. Tetapi dapat pula dipengaruhi oleh stres, berolahraga keras, hingga gangguan hormonal.

Wanita kebanyakan memiliki siklus menstruasi 28 hari. Apabila Anda kurang yakin, sebaiknya lakukan tes kehamilan 1 bulan usai masa menstruasi terakhir Anda.

Beberapa Keluhan Umum

Terdapat beberapa keluhan umum yang kerap dirasakan oleh seseorang di awal masa kehamilan, seperti hilangnya nafsu makan, mual, mudah lelah hingga sering buang air kecil.

Umumnya, tanda-tanda ini akan lebih terasa seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, Anda harus mengamati diri Anda sendiri.

4 dari 5 halaman

Mengalami Kram di Perut

ilustrasi menstruasi

©Shutterstock.com/Ana Blazic Pavlovic

Rasa kram pada perut juga perlu Anda perhatikan. Proses implantasi atau melekatnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim dapat menimbulkan rasa kram seperti sedang menstruasi.

Jika merasakan kondisi ini, Anda dapat mengecek dengan test pack untuk mendapat jawaban tentang rasa kram yang dirasakan.

5 dari 5 halaman

Payudara Terasa Sakit

Ketika seseorang sedang hamil, tubuh akan memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon inilah yang membuat tubuh mengalami perubahan untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Aliran yang meningkat menyebabkan payudara akan terasa membesar dan lebih lunak. Puting payudara pun akan terasa sakit.

Jika merasakan kondisi ini, Anda dapat mengambil test pack dan melakukan pengecekan kehamilan. Perlu diketahui, kondisi ini juga kerap dialami oleh banyak wanita akibat menstruasi.