Berbekal AI, Samsung Dapat Buat Video Dari Satu Foto

LIGACAPSA–┬áSebuah teknologi canggih untuk membuat sebuah foto bisa bergerak layaknya video, telah berhasil dikembangkan oleh Samsung.

teknologi ini melibatkan sebuah teknik khusus yang bernama deepfake. Deepfake adalah algoritma yang dipelajari lewat deep learning, memungkinkan Anda untuk mengganti wajah seseorang di video dengan wajah sendiri.

Awalnya, dibutuhkan setidaknya ratusan gambar untuk mengubah hal itu dan memasukkannya ke encoder deepfake.

Tapi, baru-baru ini AI (Artificial Intelligence) deepfake Samsung bisa membuat video hanya dari satu foto saja.

Samsung kembali berinovasi dengan mengembangkan teknik deepfake untuk menghasilkan video yang realistis hanya dari satu foto saja, dilansir dari Ubergizmo via Tekno Liputan6.com, Minggu (26/5/2019).

Ilmu ini dipublikasikan dalam satu makalah berjudul Few-Shot Adversarial Learning of Realistic Neural Talking Head Model oleh peneliti dari arVix.org. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda bisa bikin foto Monalisa seperti berbicara betulan.

Untuk mendapatkan hasil seperti itu, AI dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa mengidentifikasi fitur landmark dari satu pola wajah, seperti mata, mulut, lebar wajah, bentuk hidung dan lainnya.

Teknologi seperti ini, menurut para peneliti, digunakan untuk membuat gim, special effect atau avatar di telekonferensi.

Sayangnya, meski teknologi ini menarik dan bisa membantu pembuatan film dan gim, dikhawatirkan bakal ada pihak yang menyalahgunakan AI untuk perbuatan yang buruk, misalnya membuat seolah-olah seseorang mengatakan sesuatu padahal tidak.