Benarkah Konsumsi Susu Bisa Efektif Redakan dan Cegah Heartburn?

LIGACAPSA

Heartburn merupakan masalah yang muncul ketika asam lambung naik hingga ke esofagus. Masalah ini menyebabkan rasa terbakar dalam dada yang bisa mempengaruhi fungsi sehari-harimu.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat sejumlah obat yang bisa mengatasinya. Namun sejumlah orang memilih untuk mengubah pola makan mereka agar terhindar dan membuat masalah ini teratasi.

Salah satu bahan makanan yang disebut bisa mengatasi heartburn adalah susu. Sejumlah penelitian coba mempelajari manfaat kesehatan bagi susu terhadap asam lambung.

Peneliti menyebut bahwa kalsium dan protein dari susu bisa membantu melegakan heartburn. Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11.700 orang menunjukkan hubungan antara tingginya konsumsi kalsium dan menurunnya asam lambung pada pria.

Kalsium memiliki efek menetralkan asam dan merupakan mineral penting bagi otot. GERD biasanya membuat orang mengalami pelemahan otot esofagus yang menghambat isi perut naik keluar melalui esofagus.

Sebuah penelitian lain menyebut bahwa pada orang yang memiliki heartburn, tambahan kalsium bisa meningkatkan kekuatan otot esofagus hingga 50 persen. Penguatan fungsi otot ini bisa membantu mencegah munculnya heartburn.

Pada susu, protein merupakan nutrisi lain yang bisa membantu mengurangi efek dari heartburn. Analisis kesehatan dari 217 pasien heartburn menemukan bahwa asupan tinggi protein bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengalami gejala heartburn. [A.s.A]