Benarkah Anggapan Bahwa IUD Bisa Tembus Hingga ke Jantung

LIGACAPSA – Terdapat sejumlah rumor salah yang biasa dipercaya orang terkait kontrasepsi. Salah satunya adalah bahwa konon IUD dapat menempel di kepala bayi. Benarkah hal ini dapat terjadi?

Mitos tersebut sampai di telinga Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, saat memimpin rapat telaah tengah tahun dalam rangkaian acara Hari Kontrasepsi Sedunia 2019 di Kabupaten Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) belum lama ini.

Saat Hasto bertanya alasan ibu-ibu yang hadir masih ragu memakai alat kontrasepsi, terutama IUD, mereka mengatakan takut IUD mengganggu rahim dan jantung mereka. DaftarBandarQ

“IUD menempel di kepala bayi, bagaimana bisa nempel? Hamil itu langsung di dalam air ketuban. IUD itu tidak akan pernah bisa masuk ke dalam air ketuban, dia pasti di luar air ketuban,” kata Hasto disambut gelak tawa peserta rapat.

Begitu juga dengan kepercayaan yang dapat mengganggu kesehatan jantung. Menurut Hasto, IUD dipasang di rahim. Tidak mungkin bisa ‘jalan-jalan’ sampai ke jantung.

“Nanti kalau semua yang dimasukkan ke rahim bisa sampai jantung, wah, bapak bahaya juga. Hubungan suami istri bisa sampai jantung,” tandas Hasto. [DaftarBandarQ]