Ada Teknologi Hologram di Lampu Lalu Lintas Jember, Benarkah?

LIGACAPSA   Sebuah video menunjukkan hologram di lalu lintas di Jember, Jawa Timur yang diunggah di instagram mencuri perhatian warganet.

Video tersebut diunggah dengan pemilik akun instagram @jalankedua pada 15 Oktober 2019. Video berdurasi 30 detik tersebut menunjukkan hologram di lampu lalu lintas yang meriah sehingga membuat pengguna kendaraan berhenti tepat sebelum garis putih.

Pada hologram lalu lintas tersebut berisi lagu dan nyanyian yang mengingatkan untuk hati-hati di jalan dan tidak kebut-kebutan di jalanan. Selain itu lagu tersebut mengingatkan untuk tidak seperti orang yang ganggu jalanan dan tidak tertib aturan.

Di hologram itu juga terdapat tulisan mohon berhenti. Patuhi peraturan lalu lintas. Semoga selamat sampai tujuan.

Setelah lampu hijau menyala, teknologi hologram tersebut berhenti dan pengguna kendaraan pun melaju.

Di unggahan video itu, jalankedua menulis “Monmaap kenapa lagu pak walkot depok ada di Jember ya?Btw jangan kebut2an dan selalu patuhi peraturan lalu lintas ya gaess”. DaftarBandarQ

Unggahan itu telah ditayangkan hingga 14.236 dan mendapatkan 168 komentar hingga artikel ini dibuat. Komentarnya pun beragam. Sejumlah warganet menanyakan apakah itu editan. Salah satunya ditanyakan oleh pemilik akun @vikrieadie2 Apa benar in cuma editan?.

Selain itu, ada juga yang memuji video tersebut, @chan_1295, up up up, keren sob lanjutkan.

Saat dikonfirmasi mengenai teknologi hologram di Jember tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Jember Hadi Mulyono membantah mengenai penerapan teknologi hologram di lampu lalu lintas.

“Maaf di lapangan belum ada itu. Sepertinya editan video. Video inspiratif,” ujar Hadi, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Kamis (31/10/2019).

Pemilik akun @jalankedua, Mochamad Ariyanto menuturkan, video yang menunjukkan hologram di lampu lalu lintas tersebut merupakan editan. Ia membuat video tersebut karena terinspirasi dari video lampu merah di Jepang yang editan karya takayuki yoshida.

“Awalnya saya mau nulis editan hologram itu tentang keselamatan berlalu lintas, tapi karena lagunya pak walkot Depok dirasa mewakili itu semua, akhirnya saya kasih lagu pak walkot sekaligus liriknya,” ujar dia. DaftarBandarQ