8 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Kadar Kolesterol

LIGACAPSA – Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang memiliki banyak khasiat. Selain sebagai bumbu dapur, kayu manis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Biasanya, kayu manis juga dikonsumsi dalam bentuk minuman. Air rebusan kayu manis memberikan efek hangat bagi tubuh. Anda hanya perlu merebus batang kayu manis untuk mengonsumsinya.

Manfaat air rebusan kayu manis pun beragam. Merdeka.com telah merangkum manfaat air rebusan kayu manis dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 8 halaman

Menghangatkan Tubuh

 

Sudah sejak lama, rebusan kayu manis dikenal dapat menghangatkan tubuh. Mengonsumsi rebusan kayu manis saat musim hujan dapat Anda jadikan pilihan yang tepat.

Tak hanya menghangatkan tubuh, kayu manis juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, melawan berbagai infeksi, menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga meningkatkan fungsi otak.

2 dari 8 halaman

Sebagai Antioksidan

 

Manfaat lain dari rebusan kayu manis yaitu sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan berupa polifenol yang tinggi dalam kayu manis dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Selain melindungi tubuh dari radikal bebas, polifenol dari kayu manis juga dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet hingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

3 dari 8 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

Mengonsumsi rebusan kayu manis ternyata baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya rempah seperti kayu manis dipercaya dapat mengurangi dampak buruk dari makanan yang berlemak.

Seperti yang diketahui bahwa tingginya kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, konsumsilah rebusan rebusan kayu manis untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

4 dari 8 halaman

Melawan Berbagai Jenis Infeksi

Manfaat lain dari mengonsumsi rebusan kayu manis yaitu dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Kandungan zat cinnamaldehyde dalam kayu manis terbukti ampuh mengatasi infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Selain membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan, kayu manis juga dapat membantu mengatasi bau mulut hingga mencegah kerusakan gigi. Oleh sebab itu, konsumsi lah rebusan kayu manis agar terhidar dari infeksi bakteri.

5 dari 8 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

 

Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh tentu sangat berbahaya. Tingginya kadar kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi rebusan kayu manis. Kayu manis mengandung serat, kalsium dan banyak mineral yang memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah penyakit jantung.

6 dari 8 halaman

Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Salah satu manfaat mengonsumsi rebusan kayu manis yaitu dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam kayu manis dipercaya dapat mengontrol gula darah.

Diketahui bahwa dalam 1 gram kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga kolesterol buruk. Oleh sebab itu, konsumsi lah rebusan kayu manis sebagai upaya mengontrol gula darah dalam tubuh.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

Kayu manis memiliki aroma harum yang khas. Ternyata aroma harum tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan, yaitu dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Tak hanya itu, mencium aroma harum kayu manis juga dapat membantu meningkatkan proses kognitif seseorang.

Anda hanya perlu mencium aroma harum dari kayu manis. Selain meningkatkan fungsi otak, aroma harum dari kayu manis dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi.

8 dari 8 halaman

Membantu Mengatasi Alzheimer

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu mengatasi Alzheimer. Kandungan antioksidan dalam kayu manis diketahui dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, antioksidan tinggi yang terdapat dalam kayu manis diketahui dapat menghambat penumpukan protein di otak. Penumpukan protein di otak merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit Alzheimer.