6 Tes Sederhana Ini Bisa Tentukan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

LIGACAPSA  Jika  anda tak suka ke rumah sakit tapi tetap ingin tahu status kesehatan anda cobalah tes sederhana berikut ini.

Tes ini dapat menjadi rujukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan tubuh Anda.

Tes-tes berikut ini bukan menjadi dasar diagnosis yang menandakan Anda memiliki penyakit serius. Namun demikian bila kamu menemukan tanda-tanda tersebut .

jangan dibiarkan begitu saja Temui dokter dan konsultasikan lebih lanjut.

Untuk melakukan tes ini duduklah di lantai dengan kaki lurus ke depan lalu cobalah menyentuh kaki dengan ujung jari. Jika Anda dapat melakukan ini dengan mudah maka tubuh Anda dalam kondisi sangat baik.

Jika sulit sebaiknya Anda sering melakukan peregangan mencoba yoga pilates atau

berenang untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda dan mencegah melemahnya sendi secara berlebihan

Duduk dengan tenang selama lima menit dalam keheningan, kemudian letakkan empat jari di sisi dalam pergelangan tangan Anda. Temukan nadi Anda. Ukur selama satu menit, hitung jumlah ketukannya.

Untuk orang dewasa dan anak-anak di atas sepuluh tahun, 60-100 detakan per menit dianggap normal. Kurang dari itu berarti ada masalah dengan tekanan darah. Tapi, jangan membuat diagnosis sendiri. Temui dokter spesialis.

Tuangkan air yang sangat dingin ke dalam gelas dan celupkan jari tangan ke dalamnya selama 30 detik. Jika ujung jari Anda menjadi putih atau biru, maka Anda memiliki masalah dengan sirkulasi darah Anda.

Penurunan suhu (atau stres) yang siginifikan dapat menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang memasok darah ke jari kaki hidung dan telinga.

Akibatnya, bagian-bagian tubuh ini kekurangan jumlah darah yang tepat dan mati rasa. Anda harus menghindari perubahan suhu yang tajam.

Nyalakan korek api dan rentangkan tangan sambil memegangnya di depan. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut sambil berusaha memadamkan korek api.

Berapa banyak upaya yang Anda butuhkan untuk mematikan api tersebut? Jika beberapa, maka ada kemungkinan Anda memiliki sistem pernapasan yang lemah. Ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurang olahraga, atau penyakit kronis saluran udara.

Jika selembar kertas mulai bergetar bersama dengan jari-jari Anda, ada baiknya mengunjungi ahli endokrin.

Tutup satu mata dan ambil tiga hingga lima langkah mundur dari monitor. Lihatlah foto lingkaran di atas. Tentukan apakah beberapa garis tampak lebih gelap daripada yang lain.

Jika jawabannya ya, maka ada baiknya mengunjungi ahli kacamata karena kemungkinan Anda telah terkena astigmatisme.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *