6 Mitos Terkait Mimpi Basah yang Banyak Dipercayai padahal Tak Terbukti

LIGACAPSA –  Mimpi basah merupakan salah satu hal yang bisa dialami baik oleh pria atau wanita. Hal ini terjadi berupa terjadinya orgasme pada diri seseorang ketika tengah tidur.

Pada pria, mimpi basah ini menyebabkan terjadinya ejakulasi ketika tidur. Sedangkan pada wanita, hal ini bisa berupa vagina yang menjadi basah atau orgasme (atau keduanya).

Mimpi basah merupakan hal yang umum terjadi pada saat remaja maupun dewasa awal. Walau begitu, hal ini mungkin saja bisa terjadi kembali setelah puber.

Mimpi basah merupakan bagian normal dari pubertas dan perkembangan seksual. Terdapat dua hal yang bisa menyebabkan munculnya fenomena ini. Hal ini bisa terjadi akibat tingkat hormon seksual yang tinggi atau meningkatnya tekanan darah ke organ seksual saat tidur.

Sama seperti berbagai hal bersifat seksual lainnya, terdapat banyak mitos di masyarakat mengenai mimpi basah ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah mitos terkait mimpi basah yang banyak dipercaya di masyarakat.

1 dari 6 halaman

Mitos #1: Mimpi Basah Menurunkan Jumlah Sperma Pria

Selama ini dipercaya bahwa ketika mimpi basah, jumlah sperma yang dimiliki pria bakal berkurang. Faktanya, ejakulasi yang terjadi ini merupakan proses mengeluarkan sperma yang lebih lama dan membantu pembentukan sperma baru yang lebih sehat.

2 dari 6 halaman

Mitos #2: Hanya Pria yang Mimpi Basah

hanya pria yang mimpi basah

Tidak hanya pria, wanita juga bisa mengalami mimpi basah. Pada wanita, terjadinya mimpi basah ini bisa menyebabkan orgasme dan keluarnya cairan vagina. Walau begitu, mimpi basah memang lebih sering dialami oleh pria karena pada malam hari biasanya mereka beberapa kali mengalami ereksi.

3 dari 6 halaman

Mitos #3: Mimpi Basah Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Mengalami mimpi basah tidak akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Faktanya, mimpu basah bisa menurunkan jumlah sperma berlebih di testikel dan berdampak baik bagi sistem reproduksi pria.

4 dari 6 halaman

Mitos #4: Hanya Terjadi saat Puber

Mimpi basah memang umum dialami pada saat remaja dan dewasa awal. Walau begitu, hal ini bisa tetap terjadi pada saat dewasa. Hanya saja, karena perubahan hormon, mimpi basah lebih sering terjadi pada saat puber.

5 dari 6 halaman

Mitos #5: Mimpi Basah Disebabkan oleh Masalah Kesehatan

mimpi basah disebabkan oleh masalah kesehatan

Mimpi basah merupakan hal yang normal terjadi dan merupakan tanda fungsi seksual yang sehat. Hal ini bukan merupakan tanda masalah kesehatan dalam tubuh dan justru bisa berdampak baik.

6 dari 6 halaman

Mitos #6: Masturbasi Bisa Mencegah Mimpi Basah

Masturbasi memang bisa mengurangi jumlah terjadinya mimpi basah. Namun hal ini tak serta merta membuat seseorang menjadi tidak lagi mengalaminya. Walau begitu, mimpi basah bukan merupakan masalah sehingga hal ini tidak harus dicegah.

Secara umum, mimpi basah merupakan sebuah hal yang normal dialami oleh seseorang. Karena hal ini tidak berakibat buruk, jadi tidak perlu takut atau waspada ketika mengalaminya.