6 Kegunaan Temulawak bagi Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol

LIGACAPSA  – Temulawak termasuk satu di antara banyak jenis rempah-rempah yang sering dipakai  sebagai obat tradisional atau menjaga tubuh agar tetap bugar.

Tanaman itu memiliki nama latin curcuma xanthorrhiza dan berasal dari Indonesia. Kebanyakan orang sering menggunakan temulawak sebagai jamu.

Untuk membudidayakan tanaman temulawak terbilang cukup mudah. Hanya menanam bibitnya dan menyiramnya setiap hari, tanaman ini akan dapat tumbuh dengan subur.

Ada berbagai macam kandungan nutrisi di dalam temulawak, beberapa di antaranya adalah

zat tepung, kurkumin, protein, serat, glukosida, antioksidan, dan minyak atsiri.

Selain itu di dalam temulawak juga terkandung berbagai macam mineral seperti zat besi, fosfro, potasium, dan sodium.

Temulawak sering diambil manfaatnya dengan cara membuatnya sebagai jamu tradisional

atau mengonsumsi ekstraknya yang ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan.

Selain dengan menanamnya sendiri, Anda dapat dengan mudah menemukan temulawak di

berbagai pasar tradisional atau pusat perbelanjaan lainnya.

Ada berbagai manfaat dari mengonsumsi temulawak secara rutin bagi kesehaan tubuh, beberapa di antaranya adalah dapat mengatasi peradangan dan masalah pada sistem pencernaan.

Seseorang biasanya ingin meningkatkan energi di dalam tubuh dengan cara mengonsumsi

suplemen atau minuman berenergi. Namun mengonsumsi minuman berenergi terkadang

dapat menimbulkan efek samping.

Untuk menghindari efek samping, Anda dapat meningkatkan energi pada tubuh dengan mengonsumsi tanama herbal seperti temulawak secara rutin setiap harinya.

Anda dapat menambah energi di dalam tubuh secara alami dengan mengonsumsi rebusan temulawak yang dicampurkan dengan kunyit secara rutin. Usahakan tidak menambah pemanis di dalamnya.

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar, kita harus selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, karena kandungan serat dan kurkumin di dalamnya.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda yang sedang mengalami diare dan masalah pencernaan lainnya seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Satu di antara manfaat temulawak yang cukup populer adalah, dapat mencegah munculnya kanker, karena temulawak memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan di dalam temulawak dapat menangkal paparan radikal bebas yang terkadang dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi jamu yang dibuat dari parutan temulawak secara rutin setiap hari, untuk mendapatkan manfaat dari tanaman herbal ini.

Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh dalam mengatasi peradangan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Antiinflamasi yang terkandung di dalam temulawak dapat menyembuhkan luka yang dialami akibat goresan benda tajam atau terjatuh dari kendaraan bermotor.

Temulawak dapat mengurangi peradangan yang terkadang dapat menyebabkan luka menjadi semakin parah dan sulit sembuh.

Mengonsumsi air rebusan atau jamu temulawak dapat membantu menambah nafsu makan, khususnya bagi anak-anak.

Kandungan minyak astiri pada temulawak dapat menambah nafsu makan seseorang yang terkadang hilang, dan dapat menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi.

Memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cukup efektif.