5 Manfaat Teh Bunga Rosella untuk Kesehatan, Cegah Berbagai Penyakit

LIGACAPSA   –    Manfaat teh bunga rosella tidak hanya nikmat untuk diseruput saat sedang hangat-hangatnya, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi teh bunga rosella secara teratur juga bisa mengatasi risiko berbagai penyakit.

Teh rosella dibuat melalui proses pengeringan dari satu jenis bunga yang terkenal akan keindahannya, yaitu Hibiscus Sabdariffa. Tanaman yang memiliki bunga berwarna merah dan berukuran cukup besar menyerupai bunga sepatu ini kerap diolah menjadi berbagai macam produk, seperti, sirup, obat, hingga teh herbal.

Manfaat teh bunga rosella tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dari jaringan tubuh. Teh yang kerap juga disebut dengan sour tea karena rasanya yang asam ini biasanya dibuat dari campuran daun, kelopak, dan pucuk bunga rosella.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020) tentang manfaat teh bunga rosella

Manfaat teh bunga rosella yang sudah terbukti secara ilmiah adalah kemampuannya membantu menjaga kadar gula darah.

Mencegah Risiko Diabetes

Penelitian ini dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan telah dipublikasi di Journal of the American College of Nutrition.

Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa konsumsi teh rosella dua kali sehari, selama 14 hari mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada seseorang yang tergolong prediabetes.

Prediabetes berarti kadar gula darah yang dimiliki sudah di ambang batas normal. Dengan perubahan gaya hidup,

olahraga rutin dan intervensi diet, teh rosella terbukti dapat menjadi tambahan opsi pengobatan alami untuk menjaga kadar gula darah tetap di kisaran normal.

Tidak hanya berpengaruh dalam mencegah diabetes, manfaat teh bunga rosella juga dapat menurunkan tekanan

darah. Khasiat ini terbukti pada penelitian tahun 2015, di mana konsumsi rutin teh rosella dapat turut berperan menurunkan tekanan darah sistole maupun diastole seseorang.

Sebelumnya penelitian serupa pernah dilakukan tahun 2010.Dibandingkan dengan orang yang diberikan placebo atau minuman tanpa bahan tambahan apapunorang yang mengonsumsi teh rosella tekanan darahnya dapat terjaga lebih normal.

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

Kamu bisa mendapatkan manfaat teh bunga rosella ini dengan mengonsumsinya selama 6 minggu jika kamu memiliki kecenderungan hipertensi.

Manfaat teh bunga rosella berikutnya adalah meningkatkan nilai kolesterol baik dalam tubuh.Mengonsumsi teh rosella secara rutin dapat membuat kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau lemak baik dalam darah mampu ditingkatkan secara perlahan.

HDL ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Penelitian lain bahkan juga membuktikan bahwa manfaat teh bunga rosella juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teh rosella kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan molekul

untuk melawan radikal bebas yang biasanya merusak sel-sel tubuh yang sehat. Oleh karena itu, manfaat teh bunga rosella selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus misalnya, menemukan bukti bahwa ekstrak rosella meningkatkan jumlah enzim antioksidan sehingga mengurangi efek berbahaya akibat radikal bebas hingga 92 persen.

Manfaat teh bunga rosella berikutnya adalah untuk mencegah risiko obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid dalam tanaman rosella mampu menghambat dan

mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh, sehingga membantu mencegah obesitas. Namun, untuk mencegah obesitas, kamu juga perlu rutin berolahraga dan menjalani pola makan sehat.

Melihat manfaat teh rosella yang beragam, kamu bisa mulai mencoba rutin minum teh yang satu ini untuk

membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan manfaat the bunga rosella, kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak 1,5-3 gram per hari dalam 1-2 cangkir teh.

Minum teh

Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum meminumnya. Apalagi jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hindari konsumsi teh rosella bersama dengan obat-obatan, seperti paracetamol, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya interaksi obat.

Selain itu, konsumsi teh rosella secara berlebihan dapat meningkatkan risiko keracunan hati pada seseorang yang memiliki gangguan fungsi hati. Bahkan, teh bunga rosella juga tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Teh

rosella juga dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Sehingga berdampak pada sulitnya mengontrol gula darah bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat diabetes.

Walaupun berbagai bukti ilmiah telah menjadi dasar yang membenarkan beragam manfaat teh bunga rosella.

Namun konsumsi teh ini tidak bisa dijadikan pengobatan tunggal. Pada mereka yang memang sudah terbukti

diabetes, hipertensi atau memiliki riwayat kolesterol tinggi, pengobatan medis tetap harus dilakukan.

Jadi, sebelum menggunakan teh bunga rosella untuk pengobatan, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar lebih aman