5 Manfaat Taoge Bagi Kesehatan, Tidak Hanya untuk Kesuburan

LIGACAPSA   Manfaat taoge bagi kesehatan tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jenis sayuran ini juga menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Dengan mudahnya didapatkan dan harganya yang relatif murah membuat taoge cukup sering dikonsumsi orang Indonesia.

Proses pertumbuhan biji menjadi toge (sprouting) merupakan proses memecah bentuk biji-bijian. Taoge sendiri tumbuh dari kacang hijau. Sayuran yang berukuran kecil ini tentunya juga memiliki berbagai manfaat kesehatan layaknya kacang hijau.

Manfaat taoge bagi kesehatan tentunya dipengaruhi oleh kandungan yang dimilikinya. Tidak hanya untuk kesuburan, taoge juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan jantung.

Berikut  rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2019) tentang manfaat taoge bagi kesehatan.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat taoge bagi kesehatan yang pertama adalah dapat melancarkan pencernaan. Kecambah ini memiliki kandungan enzim yang sangat tinggi. Dengan kandungan enzim yang merupakan bagian penting dari proses pencernaan, membuat taoge dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan.

Selain itu, serat yang terdapat dalam taoge akan mengangkat kotoran, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Serat makanan juga merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien.

Tauge dapat meringankan kerja sistem pencernaan dalam tubuh, sekaligus membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc yang terkandung di dalam toge. Oleh karena itu, taoge bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit hingga diare.

DaftarBandarQ

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Selain itu, manfaat taoge selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. Taoge mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar kolestrol tinggi. Dengan mengonsumsi taoge maka dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Taoge adalah sumber asam lemak omega-3. Meskipun secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol, namun mereka dianggap sebagai kolesterol baik dan dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Tauge juga dapat menurunkan risiko penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, dan stroke berkat kandungan kalium-nya. Kalium pada tauge akan membantu mengurangi tekanan darah, karena kalium adalah agen pelebar pembuluh darah (vasodilator) dan dapat melepasakan ketegangan di arteri pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi dan menurunkan risiko stroke.

Mencegah Kanker

Manfaat taoge bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Taoge memiliki kandungan senyawa anti-kanker yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan Vitamin C, A, serta asam amino dan protein (termasuk sejumlah besar enzim) juga berdampak pada kandungan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah produk hasil metabolisme sel yang berbahaya bagi kesehatan, yang dapat menyebabkan sel-sel bermutasi menjadi sel kanker. Taoge dapat menetralkan efek ini, sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Memperbaiki Sirkulasi Darah dan Mengatasi Anemia

Penderita anemia biasanya memiliki sirkulasi darah yang buruk. Sebab, mereka tidak memiliki pasokan sel darah merah yang cukup untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sedikitnya jumlah sel darah merah ini dipicu oleh kurangnya asupan zat besi.

Dengan mengonsumsi taoge secara rutin, pasokan hemoglobin akan meningkat. Dengan demikian, jumlah sel darah merah dan peredarannya di dalam tubuh juga akan lebih optimal. Berkat manfaat itu pula, penderita anemia bisa terhindar dari kemunculan gejala seperti mudah lelah, sulit konsentrasi, pusing, dan gangguan pada perut.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, taoge terkenal dengan manfaatnya untuk kesuburan. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, toge akan meningkatkan kualitas sperma.

Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu kesuburan pria. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi toge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau mungkin sperma dari berbagai kerusakan dari serangan radikal bebas. DaftarBandarQ