5 Manfaat Konsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

LIGACAPSA    –    Pepaya menjadi buah tropis yang sangat mudah ditemui. Buah ini hampir ada di setiap musim. Pepaya matang memiliki rasa manis, warna cerah, dan kaya akan air. Buah ini kerap hadir dalam hidangan pencuci mulut atau campuran es buah.

Namun, selain dikonsumsi matang, pepaya muda juga punya manfaat kesehatan yang tak kalah menakjubkan. Pepaya muda mengandung Papain lebih banyak dibanding pepaya matang. Papain adalah enzim proteolitik yang membantu memecah protein menjadi fragmen protein yang lebih kecil yang disebut peptida dan asam amino.

Pepaya mentah juga kaya akan sumber magnesium, potasium, vitamin A, C, E, dan B. Pepaya mentah memiliki rasa hambar, sedikit pahit dengan tekstur keras. Buah ini kerap hadir dalam sajian rujak dengan cocolan sambal. Mengonsumsi pepaya muda bisa mendukung penyembuhan infeksi, menguragi rasa sakit, dan mengurangi risiko penyakit tertentu.

Tak perlu ragu untuk mengonsumsi pepaya muda. Berikut manfaat pepaya muda untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu(18/9/2019).

Papain pada pepaya muda dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, seperti pembengkakan, nyeri, dan rasa panas. Menurut sebuah artikel di Nutrition Review, penelitian telah menunjukkan enzim proteolitik pada papain membantu mengurangi peradangan serta atau lebih baik daripada beberapa obat anti-inflamasi. DaftarBandarQ

Karena efek menguntungkan potensial ini, papain dan enzim proteolitik lainnya kadang-kadang digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa papain dapat digunakan sebagai obat alami untuk bisul kulit, luka, dan kondisi kulit lainnya. Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan studi 2012 yang sistematis juga menyimpulkan bahwa papain efektif dan aman dalam mengobati berbagai jenis luka dalam berbagai tahap penyembuhan.

Pepaya mentah tinggi kandungan enzim protease. Inilah sebabnya mengapa buah ini memiliki sifat menghilangkan lemak yang membantu luka sembuh lebih cepat. Selain itu, pepaya mentah juga memiliki nutrisi penting seperti magnesium, kalium, vitamin A, C, E dan B yang membantu meringankan kondisi kulit tertentu dan meredakan peradangan. DaftarBandarQ