5 Dampak Kesehatan yang Kamu Alami dari Kebiasaan Minum Teh Susu

LIGACAPSA -Teh merupakan salah satu minuman favorit bagi banyak orang Indonesia. Terdapat beragam jenis teh yang dijual di pasaran pada saat ini.

Teh memiliki kandungan yang bisa bermanfaat terhadap jantung dan mampu mencegah kanker. Minuman satu ini juga memiliki kandungan anti-peradangan serta antioksidan.

Salah satu jenis teh yang cukup mudah ditemui dan banyak dikonsumsi saat ini adalah teh susu. Minuman jenis ini ternyata bisa memunculkan dampak negatif karena pencampuran teh dan susu ini.

Kandungan flavonoid bernama katekin di dalam teh disebut bisa berdampak baik bagi jantung. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan protein pada susu bernama kasein ketika dicampur ke dalam teh, bisa berdampak terhadap konsentrasi katekin.

Dampak yang muncul dari campuran teh dan susu ini bisa berdampak pada kesehatan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bisa kamu alami dari konsumsi teh susu.

1 dari 5 halaman

Insomnia

Seperti kopi, teh juga minuman dengan kandungan kafein. Konsumsi lebih dari dua gelas teh setiap hari bisa menyebabkan gangguan tidur.

Dampak gangguan tidur ini merupakan efek samping dari mencampur teh dengan susu dan gula. Diketahui bahwa teh susu juga dapat berdampak pada kesehatan mental karena menyebabkan kecemasan, stres, serta membuatmu sulit beristirahat.

2 dari 5 halaman

Jerawat

Dampak lain yang muncul dari mengonsumsi teh susu adalah munculnya jerawat. Ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil, teh bisa membantu detoksifikasi tubuh.

Konsumsi teh secara berlebihan bisa menimbulkan panas yang ekstrem dan menyebabkan ketidakimbangan pada kandungan kimia tubuh. Hal ini bisa berujung munculnya jerawat.

3 dari 5 halaman

Konstipasi

Kandungan kimia bernama teofilin yang ada di dalam teh bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Walau begitu, terlalu banyak teofilin bisa menyebabkan kamu mengalami dehidrasi yang berujung pada konstipasi.

4 dari 5 halaman

Perut Kembung

Terlalu banyak mengonsumsi teh susu bisa berujung perut kembung. Kafein pada teh ini merupakan penyebab kamu mengalami kembung. Mencampur teh dengan susu bisa memperparah kondisi perut kembung karena keduanya menimbulkan gas.

5 dari 5 halaman

Kurang Nutrisi

Efek samping lain dari konsumsi berlebih teh adalah kurangnya nutrisi. Penelitian mengungkap bahwa menyeduh teh dan susu bersamaan bisa mengganggu terserapnya nutrisi penting di dalam tubuh. Terlalu banyak teh bisa menyebabkan kurang sat besi dan zinc dalam tubuh.

Dampak buruk tersebut bisa kamu peroleh ketika berlebihan mengonsumsi teh susu. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih.