10 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan dan Kecantikan

LIGACAPSA   –    Manfaat air tebu untuk kesehatan dan kecantikan lebih baik daripada mengonsumsi gula. Air tebu merupakan minuman manis alami yang diproses dengan tepat. Gula yang diekstrak dari air tebu mengandung 15 kalori

Manfaat air tebu untuk kesehatan dan kecantikan berkaitan dengan kandungan berbagai nutrisi penting. Kandungan karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, kalium, vitamin hingga antioksidan dapat mendukung kesehatan dan kecantikan.

Namun, kamu tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Cukup mengonsumsi air tebu sebanyak satu gelas saja setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Jika kamu terlalu berlebihan mengonsumsinya, akan menyebabkan berbagai efek saming negatif bagi kesehatan.

Berikut  rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019) tentang manfaat air tebu untuk kesehatan dan kecantikan. DaftarBandarQ

Menjaga Kesehatan Jantung dan Meredakan Stres
Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat air tebu yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Air tebu mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah, serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Dengan demikian, seseorang juga dapat terlindungi dari serangan jantung dan stroke di masa mendatang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini yang juga dapat melindungi kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

Membantu Meredakan Stres

Mengonsumsi air tebu dianggap dapat membantu mencegah insomnia dan stres. Minuman ini meredakan taraf stres karena mengandung triptofan, magnesium dan beberapa jenis asam amino. Ketiganya dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, sehingga kamu pun terhindar dari risiko stres.

Mencegah Dehidrasi dan Sumber Antioksidan
Membantu Mencegah Dehidrasi

Air tebu mengandung cairan dan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, minuman ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu melepaskan dahaga pada saat seseorang merasa haus.

Meski demikian, tetaplah memenuhi kebutuhan air minum harian di samping mengonsumsi air tebu. Sebab, bagaimanapun air putih adalah asupan cairan terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Sumber Antioksidan

Air tebu juga mengandung antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Terutama bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi, air tebu dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas tersebut.

Merawat Kulit dan Menurunkan Berat Badan
Menunjang Kesehatan Kulit dan Memperlambat Proses Penuaan

Air tebu mengandung alphahydroxyacid (AHA) yang bermanfaaat mencerahkan kulit. Selain itu, air tebu juga mengandung komponen-komponen flavonoid dan fenol, yang semuanya ikut memperlambat proses penuaan kulit.

Komponen yang terkandung di dalam air tebu juga dapat membantu membuat kulit lembab, bersinar cerah secara alami serta terjaga kelembutannya. Jadi, mengonsumsi air tebu secara teratur, dapat membersihkan radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Air tebu mengandung serat larut air yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, minuman yang satu ini juga tergolong sebagai basa dan membantu pembakaran lemak di dalam tubuh yang mengandung kadar asam berlebih.

Selain menyediakan energi bagi tubuh, minuman ini juga menunjang pembakaran kalori. Tak heran, beberapa orang yang tengah menjalankan diet juga kerap mengonsumsi air tebu.

Meningkatkan Energi dan Memperkuat Tulang
Meningkatkan Energi

Air tebu merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kadar energi dalam tubuh. Sehingga, seseorang dapat merasa segar seketika setelah meminumnya.

Salah satu alasannya adalah air tebu mengandung karbohidrat simpleks seperti sukrosa, yang mudah diserap oleh tubuh dan membantu meningkatkan energi.

Memperkuat Tulang

Air tebu dapat meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Sumber mineral tersebut merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang kamu.

Dengan begitu, air tebu dapat mencegah berkembangnya osteoporosis. Mengonsumsi air tebu secara rutin juga dapat membuat tulang kamu tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Mengendalikan Tekanan Darah dan Memperlancar Kerja Sistem Tubuh
Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam air tebu mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga dapat menurunkan atau mengendalikan tekanan darah secara efektif. Selain itu, air tebu juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Memperlancar Kerja Sistem Tubuh

Air tebu memiliki kandungan mineral yang bervariasi, di antaranya kalium, zat besi, magnesium, dan kalsium. Memastikan bahwa tubuh mendapatkan berbagai mineral dalam jumlah yang cukup dapat membantu menunjang berlangsungnya fungsi dari organ-organ tubuh. DaftarBandarQ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *